Spray Dryer


 

Spray dryer merupakan alat pengering dengan umpan jenis slurry dan larutan. Prinsip dasar pengeringan menggunakan spray dryer adalah evaporasi antara partikel air dan partikel padat yang ada dalam umpan. Air yang terbawa oleh suspensi padat ke udara panas diekspos pada tekanan tinggi, sehingga luas permukaan butiran yang kontak dengan udara panas akan lebih besar, dan menghasilkan laju penguapan yang tinggi.

                                                                                                                                                          

               Keunggulan spray drying dalam pengeringan adalah menghasilkan produk dengan mutu tinggi, berkualitas serta meminimasi kerusakan gizi dalam bahan. Teknologi ini cocok untuk memroses produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan mudah rusak bila terkena suhu yang terlalu panas (>100oC), seperti susu, sari buah, hingga probiotik. Spray nozzle yang ada pada alat ini akan mengubah butiran pada suspensi, menjadi granul halus yang memiliki ukuran sesuai spesifikasi.

             Berdasarkan konfigurasi aliran, terdapat dua tipe alat pengering yaitu parallel current (aliran searah) dan counter current (aliran berlawanan arah). Pengumpanan slurry dapat dilakukan secara partaian ataupun kontinu. Pada metode partaian, pengendalian proses dapat lebih mudah dan spesifik, sehingga menghasilkan produk yang terjamin kualitasnya. Sedangkan dengan metode kontinyu, dibutuhkan pengendaluan alat dengan biaya yang lebih besar. Sebagian besar menara pengering memiliki pola aliran berlawanan arah, sehingga akan menghasilkan bead yang luas dengan debu yang sedikut dan bulk density medium.

            Untuk memisahkan serbuk dengan sejumlah udara yang mengangkutnya, digunakan separator atau kolektor serbuk. Hasil dari proses ini berganting pada kekentalan larutan atau bahan, jenis bahan, bahkan kecepatan aliran larutan. Kandungan gula yang tinggi dalam bahan juga memengaruhi pemrosesan, karena akan menghasilkan produk yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian keadaan umpan, sebelum masuk alat pemrosesan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s