Inovasi


PENDAHULUAN

Dari masa ke masa kehidupan manusia terus berkembang, misalnya masyarakat dulu tidak mengenal mobil namun saat ini sudah banyak orang yang memiliki mobil pribadi. Dengan berkembangnya kehidupan manusia kebutuhan hidup manusia juga semakin meningkat.
Selain itu rutinitas yang dikerjakan mampu membuat manusia mudah mengalami kebosanan. Contohnya pada masa lalu orang-orang tidak dapat berhubungan dengan mudah satu sama lain karena jarak yang cukup jauh, karena itu manusia menciptakan kendaraan.
Dengan berkembangnya kehidupan manusia, aktivitas manusia pun semakin padat. Aktivitas yang dilakukan membuat manusia harus menggunakan waktu seefektif mungkin. Hal ini menyebabkan manusia semakin membutuhkan alat yang dapat mendukung tuntutan tersebut.
Faktor-faktor di atas mendorong manusia untuk melakukan pembaruan terhadap alat-alat yang telah ada sebelumya. Untuk melakukan perubahan tersebut, manusia harus melakukan berbagai macam inovasi.

A. Definisi Inovasi

Kata inovasi dapat diartikan sebagai “proses” dan/atau “hasil” pengembangan dan/atau pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial) (wikipedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Inovasi, 10 Februari 2011).
Terdapat berbagai definisi inovasi yang dapat kita jadikan acuan :
1. Menurut David Neeleman (Pendiri dan CEO JetBlue)
Inovasi merupakan proses berupaya mencari cara untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik daripada sebelumnya.
2. Menurut Ibrahim (1989).
Inovasi adalah penemuan yang dapat berupa sesuatu ide, barang, kejadian, metode yang diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat).
3. Menurut Amabile et al. (1996).
Inovasi atau innovation berasal dari kata to innovate yang mempunyai arti membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru.
4. Menurut businessdictionary.com
Process by which an idea or invention is translated into a good or service for which people will pay.
Istilah inovasi memang sering didefinisikan secara berbeda, walaupun pada umumnya memiliki pemaknaan serupa. Inovasi, dalam ilmu lingusitik adalah fenomena munculnya kata-kata baru dan bukan kata-kata warisan. Inovasi berbeda dengan neologisme. Inovasi bersifat ‘tidak sengaja’.

B. Jenis-jenis Inovasi
Inovasi terdiri dari beberapa jenis :
1. Penemuan.
Kreasi suatu produk, jasa, atau proses baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Konsep ini cenderung disebut revolisioner. Contohnya, penemuan pesawat terbang oleh Wright bersaudara, penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell dll.

2. Pengembangan.
Pengembangan suatu produk, jasa, atau proses yang sudah ada. Konsep seperti ini menjadi aplikasi ide yang telah ada berbeda. Misalnya, pengembangan McD oleh Ray Kroc.

3. Duplikasi.
Peniruan suatu produk, jasa, atau proses yang telah ada. Meskipun demikian duplikasi bukan semata meniru melainkan menambah sentuhan kreatif untuk memperbaiki konsep agar lebih mampu memenangkan persaingan. Misalnya, duplikasi perawatan gigi oleh Dentaland.

4. Sintesis.
Perpaduan konsep dan faktor-faktor yang sudah ada menjadi formulasi baru. Proses ini meliputi pengambilan sejumlah ide atau produk yang sudah ditemukan dan dibentuk sehingga menjadi produk yang dapat diaplikasikan dengan cara baru. Misal, sintesis pada arloji oleh Casio.
(http://initugasku.wordpress.com/2010/03/03/definisi-inovasi/, 10 Februari 2011)

C. Inovasi Masa Kini
1. I-phone
Awalnya CEO Apple, Steve Jobs merasa tidak puas dengan cara pemakaian handphone saat ini yang kurang praktis dan efisien. Produk ini menyajikan berbagai fungsi yang merupakan perpaduan iPod, telepon genggam, dan komputer, bahkan menjelajah dunia maya. Selain itu Iphone merupakan handphone pertama yang menggunakan layar sentuh untuk mengakses berbagai fitur yang telah disediakan. (www.indonesiaindonesia.com/…./Handphone&PDA, 9 Februari 2011)

2. Perpaduan Handphone dan Gaun.
Sebuah perusahaan fashion yang berbasis di London, CuteCircuit memberikan solusi untuk para perempuan. Mereka menghadirkan gaun berteknologi tinggi bernama M-dress, singkatan dari Mobile phone dress. M-dress hadir dalam wujud LBD atau gaun hitam, sekaligus telepon seluler. Lengkap dengan space penyimpan sim card dan antena yang tertanam dalam bahan gaunnya. Ketika mengangangkat telepon kita tinggal mengangkat tangan dan mendekatkannya ke telinga. Namun tak ada layar di dalam gaun tersebut sehingga pengguna M-dress tidak dapat melihat siapa yang menelepon. Pengguna hanya bisa mengenalinya dari suara penelepon. (http://woman.kapanlagi.com/fashion/pernik/5456-gaun-hitam-sekaligus-handphone-mau.html, 10 Februari 2011)
3. Pembaca gerak otor bibir
Inovasi ini berawal ketika seorang profesor Jerman bernama Professor Tanja Shultz, dari Karlsruhe Institute of Technology merasa sangat terganggu oleh suara temannya yang sedang menelepon dengan keras. Dari situ mulailah dia mengembangkan sebuah teknologi berbasis elektromiografi, yaitu teknik untuk mendeteksi aktivitas sinyal otot. Sinyal elektrik yang dihasilkan otot akan dikirim menuju laptop via bluetooth untuk diterjemahkan melalui sebuah software. Namun inovasi ini masih berupa prototipe yang masih akan dikembangkan agar dapat digunakan pada telepon genggam. (besteasyseo.blogspot.com, 9 Februari 2011)

D. Dampak Sosial
Inovasi memiliki peranan penting dalam kehidupan kita. Dengan inovasi, hidup kita menjadi lebih mudah. Inovasi juga membuat manusia dapat meningkatkan kreativitas. Berbagai macam alat dapat diciptakan dan dikembangkan dengan melakukan inovasi. Namun jika fungsinya disalahgunakan maka inovasi justru akan membawa dampak yang negatif, misalnya inovasi pembuatan bom atom yang digunakan untuk menyerang negara lain dalam perang dunia ke 2.

Kesimpulan
Inovasi harus terus dilakukan dalam kehidupan manusia, karena kebutuhan manusia terus bertambah dan berkembang dari masa ke masa. Berbagai dampak positif dapat kita rasakan, namun jika kita salah menggunakan inovasi tersebut maka dapat menimbulkan dampak negatif. Karena itu kita harus melakukan inovasi dengan bijak dan memikirkan berbagai dampak dari inovasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s